Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » Kue Tradisional

Kue Tradisional

Written By Unknown on Selasa, 05 Juni 2018 | Juni 05, 2018

Kue Tradisional Apem Goreng

      Kue apem adalah salah satu jenis kue tradisional khas Indonesia. Kue ini mempunyai rasa yang lezat dan manis. Jadi kue ini disukai oleh banyak masyarakat. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, mak kue ini kian tergeser dengan aneka jajanan instant yang banyak terjual di pasaran, sehingga kue ini sudah jarang jarang ditemukan. Jika anda tertarik untuk menyantap kue apem, anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan melihat resep kue apem Jawa goreng yang maknyus ini.

    Apem menjadi makanan yang sering ada dalam setiap upacara adat tradisional Jawa. Seperti kenduri, slametan, syukuran dan lain sebagainya. Apem dipadukan dengan makanan lainnya seperti nasi uduk, ingkung ayam, jenang sumsum dan banyak lagi yang lainnya. Nah, agar anda bisa membuat apem goreng empuk dan lezat saat di rumah, maka di bawah ini sudah ada resep kue apem jawa goreng untuk anda.


Bahan dan cara untuk membuat

Bahan-bahan:
- 500 gr tepung beras
- 200 gr tape singkong
- 200 gr gula merah, sisir halus
- 2 sdt ragi instan
- 250 ml air kelapa
- 500 ml santan dari ½ butir kelapa
- ½ sdt garam
- Gula pasir secukupnya

- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
- Remas-remas tape singkong hingga halus. Tambahkan gula merah dan ragi instan. Remas-remas kembali hingga tercampur rata dan gula larut.
- Tambahkan tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata.
- Masukkan air kelapa sambil diuleni menggunakan tangan sampai tercampur rata.
- Tambah santan, aduk lagi hingga tercampur rata.
- Masukan gula pasir dan garam, aduk rata. Diamkan adonan minimal selama 1 jam agar adonan mengembang.
- Panaskan cetakan kue apem di atas api sedang. Tuang minyak goreng secukupnya.
- Tuang adonan apem ke dalam cetakan. Tunggu hingga bagian atasnya berlubang-lubang. Balik adonan. Panggang hingga matang. Angkat, tiriskan.
- Tata pada piring saji. Hidangkan.

Tips Agar Apem Goreng Empuk
Sebenarnya cetakan kue apem ini bentuknya mirip cetakan kue lumpur.Bentuknya bulat pipih dan bisa dengan mudah ditemukan di toko kue. Tipsnya agar apem mengembang sempurna, yaitu jangan masukkan garam pada adonan karena akan mematikan ragi dan dapat membuat tekstur apem bantet. Nah, setelah melihat resepnya, kini saatnya anda bergerak ke dapur dan memasak. Selamat membuat kue apem di rumah.




SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar