Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » SOME INGREDIENTS

SOME INGREDIENTS

Written By Unknown on Sabtu, 06 Oktober 2018 | Oktober 06, 2018

DAUN SALAM

HISTORY

Lebih dari setengah jumlah manusia yang ada di dunia ini tidak ada lagi yang tidak kenal dengan daun salam. Daun salam dapat kita temukan di pasar, di toko rempah-rempah, di toko teluk daun kering, bahkan masih banyak orang yang menanam dan membudidayakan tanaman ini. Daun salam yang banyak kita kenal selama ini, sering kita gunakan sebagai pelengkap bumbu untuk penyedap masakan agar terasa lebih sedap dan lezat.
Salam ( Indonesian bay leaf, Indonesian laurel, Syzygium polyanthum), adalah daun aromatik untuk bumbu di Indonesia, Malaysia, Thailand, sampai ke India. Tetapi di India sendiri, selain daun salam, dikenal pula daun tejpat, atau tejpata (Indian bay leaf, Cinnamomum tejpata). Karena masih satu genus dengan tanaman kayu manis ( Cinamumum zeylanicum, Cinamumum burmani), aroma daun tejpat, sangat berbeda dengan daun salam yang masuk famili Myrtaceae, genus Syzgium. Masakan-masakan India kebanyakan menggunakan bumbu daun tejpat.
Di Indonesia salam adalah tanaman yang biasa dimanfaatkan daunnya untuk penyedap rasa pada masakan khas Nusantara, selain itu daunnya juga digunakan sebagai rempah pengobatan tradisional Indonesia. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, sedangkan nama ilmiahnya adalah Syzgium polyanthum.
Penyebaran tanaman salam dari Asia Tenggara, mulai dari Burma, Indocina, Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Pohon ini ditemukan tumbuh liar di hutan-hutan primer dan sekunder, mulai dari tepi pantai hingga ketinggian 1.000 m (di Jawa), 1.200 m (di Sabah), dan 1.300 m (di Thailand).
Daun salam tumbuh dan berkembang di lingkungan tropis yang memiliki kadar curah hujan dan sinar matahari yang cukup. Daun salam banyak ditanami oleh penduduk Indonesia atau asia lainnya dalam rumpun Melayu sebagai rempah atau bumbu penyedap makanan. Penanaman daun salam khususnya di Indonesia kebanyakan merupakan pohon penyusun tajuk bawah. Di samping itu salam ditanam di kebun-kebun pekarangan dan lahan-lahan wanatani yang lain, terutama untuk diambil daunnya.
Di Taiwan, Arab Saudi, dan Negeri Belanda, daun salam segar dijual dalam kemasan berisi belasan lembar daun. Pembelinya, terbanyak orang Indonesia, tetapi daun salam itu bersal dari Thailand. Sebab di negeri ini, daun salam masih dipanen dari pohon-pohon yang tumbuh liar di kebun rakyat.
Di sekitar Laut Tengah, termasuk di kawasan Timur Tengah, yang digunakan untuk bumbu daun Bay Laurel (Sweet Bay, Grecian Laurel, Laurel, Bay Tree, Laurus nobilis), yang diklaim sebagai bay leaf “asli” (True Laurel). Sementara di Amerika Serikat (AS), Dikenal sebagai California bay leaf (California laurel, Oregon myrtle, pepperwood, Umbellularia california). Aroma California bay leaf, sama kuatnya dengan bay leaf asli dari sekitar Laut Tengah. Cara menggunakan bay leaf untuk memasak, sama dengan penggunaan daun salam.
Di DKI Jakarta dan sekitarnya, tanaman salam digunakan sebagai peneduh jalan, dan elemen taman. Di Taman Monumen Nasional, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dengan mudah kita jumpai pohon salam. Demikian pula di jalan-jalan di komplek perumahan, pohon salam juga dijadikan tanaman peneduh, pohon salam bisa tumbuh sampai 30 m, dengan diameter batang sekitar 60 cm. Kulit batang salam cokelat muda keabu-abuan. Seperti genus Syzgium lainnya, kulit batang salam juga pecah-pecah dan mengelupas, hingga membentuk sekresi pada permukaan batang.

Nutrient content
1. Antioksidan
Kandungan antioksidan pada daun salam mampu untuk mengobati beberapa penyakit.


2. Rutin, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien
Empat kandungan tersebut diyakini mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit stroke, serta mencegah penyakit kanker.


3. Flavonoid
Senyawa lain berupa flavonoid pada daun salam berfungsi untuk membantu menormalkan darah penyakit hipertensi.


4. Asam laurat
Kandungan kimia asam laurat ini dimanfaatkan sebagai obat alami pengusir serangga.


5. Vitamin
Vitamin yang terkandung pada daun salam di antaranya vitamin A dan vitamin C.


Function Of Ingredients
1. Membantu Mengatasi Resiko Penyakit Diabetes
Daun salam memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi penyakit diabetes. Kandungan nutrisi di dalamnya mampu membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah, trigliserida, dan kolesterol. Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun ini juga dapat membantu dalam proses insulin secara efisien. Karenanya mengonsumsi daun salam sangatlah dianjurkan bagi para penderita diabetes dan para penderita resistensi insulin.

2. Membantu Mempengaruhi Kardiovaskuler
Manfaat daun salam yang satu ini tidak terlepas dari kandungan senyawa salisilat, fitonutrien, asam caffeic yang terdapat di dalamnya. Pasalnya zat-zat tersebut mampu membantu dalam pencegahan stroke dan peningkatan kesehatan jantung. Selain itu kandungan flavanoid pada daun salam secara efektif mampu membantu menormalkan tekanan darah bagi para penderita hipertensi. Cara penyajiannya relatif mudah yakni dengan mencuci sebanyak 10 lembar daun salam. Selanjutnya rebus daun ke dalam panci yang berisi 3 gelas air! Setelah itu minumlah rebusan air tersebut setiap hari satu gelas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal!

3. Membantu Meredakan Rasa Sakit
Kandungan anti inflamasi di dalam minyak hasil ekstraksi daun salam dapat membantu mengurangi rasa sakit karena strain, terkilir, arthritis, sakit kepala, dan nyeri. Khusus bagi keluhan terhadap nyeri sendi, daun salam jenis jarak dan salam tanah-lah yang cocok untuk keluhan tersebut.

4. Membantu Mencegah Penyakit Kanker
Kandungan asam caffeic, euganol, catechin, dan quercetin pada daun salam secara efektif dapat melawan tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh manusia. Kandungan tersebut juga dapat memproteksi diri pertumbuhan sel kanker. Daun salam juga mengandung phytonutrient yang disebut sebagai parthenolide yang telah terbukti ampuh dalam menahan ploferasi terhadap sel kanker serviks.

6. Membantu Meredakan Batuk
Daun salam juga berkhasiat secara alami dalam mengatasi masalah batuk, gejala flu, serta infeksi. Untuk mendapatkan manfaat daun salam sebagai pereda batuk, maka cara penyajiannya adalah dengan merebus 2 atau 3 lembar daun salam dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu rendamlah kain ke dalam rebusan air daun salam! Kain yang telah direndam dengan rebusan air daun salam tadi selanjutnya akan digunakan sebagai pengusap bagian dada sebagai pereda batuk, pilek, dan flu.

7. Pengusir Serangga
Tak banyak yang mengetahui bahwa daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir serangga jenis nyamuk. Di dalam kandungan daun salam terdapat asam laurat yang dapat dimanfaatkan sebagai pengusir alami nyamuk. Khusus pada bagian ini adalah dengan menggunakan ekstrak daun salam yang telah diolah menjadi minyak. Cara menghindari diri dari gigitan nyamuk dengan menggunakan ekstrak minyak daun salam ini adalah hanya dengan mengoleskan minyak tersebut pada bagian tubuh yang rentan terhadap gigitan serangga.

8. Membantu Mengobati Penyakit Ginjal
Daun salam secara ilmiah telah tebukti mampu mengatasi masalah infeksi penyakit ginjal dan batu ginjal. Cara penyajiannya sangatlah mudah, yakni dengan merebus daun salam ke dalam sebanyak 200 ml air. Rebus hingga air menguap sampai kurang lebih sebanyak 50 ml! pisahkan air dengan daun salam! Minumlah ramuan ini secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

9. Membantu Mengatasi Asam Urat
Daun salam dapat difungsikan sebagai obat alami dalam mengatasi asam urat. Di dalam tubuh manusia terkandung zat putin yang jika bertumpuk akan berdampak pada timbulnya asam urat. Cara menyajikan ramuan daun salam adalah dengan memasukkan daun ke dalam air sebanyak 10 gelas. Rebuslah air berisi daun salam tersebut sampai air meguap dan menyisakan hanya setengah dari jumlah kadar air sebelumnya. Selanjutnya anda dapat meminum air rebusan daun salam ini sebanyak dua kali dalam sehari.

10. Membantu Mengurangi Stress pada Kulit
Kulit juga dapat mengalami stress akibat pengaruh cuaca dan pemakaian produk tertentu. Karenanya dibutuhkan bahan alami untuk mengatasi stress pada kulit salah satunya adalah dengan memanfaatkan khasiat dari daun salam. Daun salam secara efektif mampu mengatasi stress pada kulit dan dapat mencegah penuaan dini serta keriput. Cara penyajian untuk mendapatkan manfaat daun salam yang satu ini adalah dengan memasukkan sebanyak 5 lembar daun salam ke dalam air mendidih sebanyak 3 gelas. Diamkan selama 2 menit dalam proses perebusan! Setelah itu tuangkan air rebusan ke dalam sebuah wadah mangkuk atau lainnya! Dalam keadaan matang dengan suhu tersebut tentu air rebusan akan mengeluarkan uap. Uap tersebut-lah yang akan digunakan untuk mengurangi stress pada kulit anda.

11. Membantu Mengatasi Masalah Kerontokan dan Ketombe pada Rambut
Daun salam yang telah diekstrak menjadi minyak sangat baik untuk kesehatan rambut dan secara efektif membantu dalam mengatasi masalah kerontokan dan ketombe. Minyak dari daun salam sangat berguna jika difungsikan sebagai tonik untuk melawan dua masalah rambut dan kulit kepala tersebut. Membantu Mengurangi Kutu pada Rambut Daun salam juga ternyata mampu menghilangkan kutu pada rambut dengan cara mengoleskan ramuan daun salam pada kulit kepala dan rambut. Cara penyajian ramuan ini adalah dengan mencampurkan daun salam seberat 50 gram ke dalam air mendidih sebanyak 400 ml. Biarkan hingga air menguap kira-kira menjadi 100 ml. Setelah selesai, pisahkan air rebusan dengan daun salam dengan menggunakan saringan! Air rebusan langsung dapat digunakan sebagai pengusir kutu dengan cara mengolesinya pada kulit kepala dan rambut. Selanjutnya diamkan selama 3 – 4 jam lalu bilas dengan air! Lakukan hal tersebut berulang hingga kutu kepala benar-benar hilang.

Charateristic of ingredients
1.      Akar
Jenis akar merupakan akar tunggang yang berbentuk seperti tombak meruncing ke ujung.

2.      Batang
Batang tanaman daun salam ini tingginya bisa berkisar antara 5 – 30 meter. Bentuknya bercabang dan arah tumbuhnya tegak lurus ke atas. Batangnya berkayu, keras, dan kuat. Kulit batang berwarna coklat abu-abu dan bersisik.

3.      Daun
Bentuk daunnya simpel dengan tulang daun menyirip. Tepi daun rata dan memiliki aroma wangi. Jika sudah dikeringkan, daun salam dimanfaatkan untuk penyedap masakan.

KLUWEK

HISTORY
Pucung atau sering disebut juga Kepayang, kluwek, keluwek, keluak, adalah tumbuan suku dari Achariaceae, (dulu dimasukkan dalam Flacourtiaceae). Di berbagai daerah sering terjadi perbedaan nama. Orang Sunda menyebutnya picung atau pucung (begitu pula sebagian orang Jawa Tengah) dan di Toraja disebut pamarrasan, pohon lunglai atau kalawak dalam Banjar. Orang Eropa menyebut tanaman ini dengan Durian, False Durian, Football fruit, Raual. Dalam istilah latin tanaman ini memiliki nama Pangium Edule. Orang Eropa menyebut kluwek dengan sebutan durian atau false durian lantaran baunya yang menyengat sehingga mereka salah mengartikan kluwek sebagai durian. Bau yang menyengat ini dihasilkan oleh hydrocyanic acid yang terkandung dalam buahnya. Disebut Football Fruit karena buah tanaman ini berbentuk seperti bola rugby atau american football.
Pohon pucung, kepayang atau kluwek mempunyai batang lurus yang tingginya bisa mencapai 60 meter dengan diameter batang mencapai 120 cm. Percabangannya tidak terlalu rapat. Daunnya berbentuk jantung, dengan lebar 15 cm. dan panjang 20 cm. berwarna hijau gelap dan mengkilap di bagian atas, sementara bagian bawahnya agak keputihan dan sedikit berbulu.
Tanaman ini tumbuh di hutan hujan tropika basah dan merupakan tanaman asli yang tumbuh mulai dari Asia Tenggara hingga Pasifik Barat, termasuk di Indonesia. Pucung atau Kepayang bisa mampu tumbuh di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.500 m dpl.

Nutrient content
Kluwak memiliki Asam sianida konsentrasi tinggi. Inilah mengapa muncul istilah mabuk kepayang. Karena tanaman ini mengandung asam sianida konsentrasi tinggi yang memabukan. Maka dari itu sebelum dimanfaatkan biasanya direndam dulu selama 10-14 hari untuk menghilangkan racun ini.

ISI KANDUNGAN GIZI KLUWAK
Nama Bahan Makanan : Kluwak
Nama Lain / Alternatif : Keluak / Kluwek / Kepayang
Banyaknya Kluwak yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kluwak yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 80 %
Jumlah Kandungan Energi Kluwak = 273 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kluwak = 10 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kluwak = 24 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kluwak = 13,5 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kluwak = 40 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kluwak = 100 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kluwak = 2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kluwak = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kluwak = 0,15 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kluwak = 30 mg
Khasiat / Manfaat Kluwak : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K

Function Of Ingredients
1. Mengatasi penyakit kulit
Manfaat kluwek yang pertama yaitu dapat mengatasi berbagai jenis penyakit kulit. Jika Anda mempunyai jenis kulit yang cukup sensitive, Anda dapat menggunakan biji buah ini sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit kulit.

2. Bahan antiseptic alami
Khasiat kluwek juga dapat menjadi bahan antiseptic yang alami. Hal ini diperoleh dari kandungan alami dan sehat yang ada dalam biji buah ini. Kandungan tersebut cocok digunakan sebagai kandungan antisepctic alami.

3. Mengatasi kutu pada rambut
Manfaat kluwek dapat Anda gunakan untuk mengatasi kutu pada rambut. Caranya dengan menghaluskan biji buah ini kemudian Anda beri sedikit air dan ratakan pada rambut. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rambut dengan baik.

4. Mencegah penyakit rematik
Khasiat kluwek bisa menjadi obat pencegah penyakit rematik. Tidak hanya bijinya saja, namun juga buahnya bisa Anda gabungkan dengan bijinya untuk meredakan gejala rematik. Tubuh Anda akan menjadi sehat tanpa adanya penyakit ini.

5. Mengatasi kudis dan panu
Manfaat kluwek untuk kesehatan tubuh terutama kulit yaitu mengatasi penyakit kulit akibat jamur, seperti panu dan kudis. Kandungan senyawa dalam biji buah ini mampu menjadi anti jamur yang akan menyingkirkan serangan jamur ke kulit Anda.

6. Memudahkan tidur
Jika Anda termasuk orang yang mengalami kesulitan untuk tidur, Anda dapat mengonsumsi kluwek sebagai obatnya. Ya, kandungan sehat yang ada dalam biji ini ampuh untuk membuat Anda lebih rileks dan mudah untuk tidur.

7. Melancarkan haid
Bagi perempuan yang sering mempunyai masalah ketika haid perlu mencoba kluwek. Biji buah ini bisa dimanfaatkan untuk membuat haid menjadi lancar serta mengatasi masalah keputihan yang sering menyerang organ wanita.

8. Mencegah penyakit lepra
Salah satu fungsi kluwek yang tidak kalah pentingnya yaitu mencegah penyakit lepra. Jika Anda mempunyai gejala penyakit ini dalam tubuh, Anda dapat mengurangi resikonya dengan mengonsumsi biji sehat ini.

9. Anti kolesterol tinggi
Siapa sangka jika manfaat kluwek juga bisa Anda peroleh untuk mencegah kolesterol yang tinggi. Kandungan alami dalam buah dan bijinya ampuh untuk menurunkan kelesterol jahat yang cukup tinggi di dalam tubuh.

10. Obat borok
Borok adalah jenis penyakit pada kulit yang membuat kulit Anda mengalami luka terbuka. Penyakit ini dapat Anda sembuhkan dengan kluwek. Manfaat biji buah ini yaitu mempercepat pengeringan luka pada borok.

5        Manfaat dan Khasiat Kluwek Lainnya:

·         Menyehatkan rambut

·         Bumbu masakan

·         Bahan pengawet ikan

·         Menjaga daya tahan tubuh

·         Anti oksidan alami

·         Menyehatkan kulit

·         Mencegah kerontokan rambut

·         Membantu regenarasi kulit

Charateristic of ingredients
Pohon kluwek memiliki batang lurus dengan tinggi 60 meter dengan lebar pohon 120 cm. Daunnya memiliki bentuk yang lonjong dengan lebar 15 cm dan memiliki panjang 20 cm. Daunnya berwarna hijau gelap mengilap di bagian atasnya dan berwarna agak keputihan dan berbulu di bagian bawahnya. Bunganya berada di pucuk ranting dan berwarna putih kehijauan seperti bunga pepaya. Bentuk Buahnya lonjong dengan bagian ujung dan pangkal meruncing, berwarna kecokelatan dengan permukaan berbulu. Ukuran buahnya kurang lebih panjang 30 cm dengan lebar 20 cm. Daging buahnya berwarna putih dengan tekstur lunak. Bijinya bertempurung cokelat kehitaman berbentuk asimetris dengan ukuran 3-4 cm. Itulah bentuk fisik dari tanaman kluwek.

KEMIRI


SEJARAH
Kemiri= berasal dari kata ‘Kemir-kemir’ yang berarti hati yang was-was atau kuatir.
Konon dahulukala ada seorang Kyai bernama Abdurrohman. Beliau memiliki seorang putri yang cantik dan berbudi luhur bernama R.A Mursinah. Kyai Abdurrohman memiliki saudara sebagai abdi dalem Kraton Surakarta Hadiningrat. Suatu hari ada pisowanan ageng (pertemuan agung) di kraton. Kyai Abdurrohman diundang sang raja untuk menghadiri pisowanan ageng tersebut. Beliau pun mengajak putrinya RA Mursinah dan santri-santrinya ke kraton memenuhi undangan sang raja. Melihat kecantikan RA Mursinah sang raja tertarik dan bermaksud menjadikannya selir. Akan tetapi Kyai Abdurrohman tidak berkenan. Kemudian diam-diam beliau bersama putri dan santrinya melarikan diri ke arah utara sampai di tepi Kali Tuntang. Karena hatinya merasa ketir-ketir/kemir-kemir (was-was, kuatir) kalau dikejar punggawa kraton, maka tempat tersebut dinamakan KEMIRI, yang berasal dari kata KEMIR-KEMIR/Was-was. Kyai Abdurrohman bersama putri dan para santrinya kemudian menetap dan mengajarkan agama disana.
Kemiri merupakan tanaman asli Indonesia.Kemiri bisa dijumpai di daerah-daerah kepulauan Polynesia seperti Fiji, Tongo, Solomon,Cook Island, Samoa. Selain itu, kemiri tumbuh subur di daeah tropik di daerah Asia Tenggara seperti di Indonesia dan di samudra Pasifik seperti Hawaii, juga terdapat di Brazil (Amerika Selatan).  Konon dulu orang -orang Polynesia berlayar melewati Hawaii dan menanamkannya di sana. Dan di pulau hawai, di kepulauan Molokai warna simbolik pulau itu adalah lambang daun kemiri yang hijau.
Di Indonesia kemiri tumbuh subur di kepulauan Sumatra, Sulawesi , dan NTT(Nusa Tengara Timur).

Nutrient content
Nama Bahan Makanan : Kemiri
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Kemiri yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kemiri yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Kemiri = 636 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kemiri = 19 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kemiri = 63 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kemiri = 8 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kemiri = 80 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kemiri = 200 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kemiri = 2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kemiri = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kemiri = 0,06 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kemiri = 0 mg
Khasiat / Manfaat Kemiri : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K

Function Of Ingredients
1. Mengobati Sariawan
Bukan cuma biji kemiri yang bermanfaat, namun bagian batang dan getahnya juga, salah satunya untuk mengatasi sariawan di mulut. Yang Anda perlukan adalah getah dari kulit batang pohon kemiri. Untuk mendapatkannya bisa dengan cara merobek kulit pohon kemiri dengan pisau, kemudian tunggu hingga getahnya keluar. Ambil getah tersebut dengan kapas dan tambahkan sedikit santan kelapa jika ada. Oleskan pada bagian mulut yang luka (terserang sariawan).

2. Mengobati Sakit Gigi
Selain sariawan, sakit gigi juga bisa diobati dengan menggunakan getah pohon kemiri. Caranya juga hampir sama. Ambil getah pohon kemiri dengan menggunakan kapas. Tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan selama 10 menit, kemudian buang dan ganti dengan yang baru.

3. Mengobati Diare
Untuk menyembuhkan diare, ambil 20 gram kulit batang kemiri yang masih segar, bersihkan kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan air 600 cc sampai airnya berkurang menjadi 300 cc, saring dan ambil airnya. Minum air hasil rebusan kulit batang pohon kemiri tersebut dua kali sehari, sekali minum sebanyak 150 cc.

4. Mengatasi Infeksi Jamur
Jamur dapat berkembang dimana saja, termasuk pada kulit tubuh anda. Infeksi jamur seperti panu memang tidak berbahaya, namun bisa menyebabkan penderitanya tidak nyaman dan bahkan minder. Cara mengatasinya dengan mengoleskan minyak kemiri pada bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

5. Mengatasi susah Tidur (Insomnia)
Minyak kemiri juga dapat membantu Anda melawan insomnia dan tidur lebih lelap. Kandungan melatonin yang terdapat di dalamnya akan membuat Anda rileks dan cepat tertidur. Hal ini baik bagi orang yang memiliki pola tidur yang tidak teratur. Tidur yang berkualitas bisa menjadi awal dari hidup sehat Anda.

6. Susah buang air besar (sembelit) 
Ambil 1 buah biji kemiri, 2 siung bawang merah, 5 gram pulasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, dan setengah sendok teh adas. Haluskan semua bahan lalu rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan minum airnya 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 200 cc.

7. Digigit Serangga
Anda pernah digigit serangga yang menyebabkan rasa panas dan gatal? Sebenarnya itu bisa diatasi dengan menggunakan kemiri. Ambil 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking. Pangganglah bahan-bahan tersebut, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan keseluruhan bagian tubuh yang gatal akibat tergigit serangga.

8. Mengatasi BAB Berdarah
Kulit batang pohon kemiri juga dapat mengobati BAB (Buang Air Besar) berdarah. Sediakan 20 gram kulit batang kemiri. Setelah dicuci bersih, rebus bahan dengan 400 cc air hingga bersisa 200 cc. Saring airnya, lalu minum selagi hangat.

9. Obat Gosok
Minyak kemiri, seperti juga minyak kayu putih bisa digunakan sebagai obat gosok untuk menghilangkan pegal dan juga masuk angin. Caranya ya seperti menggunakan minyak gosok biasa.

10. Obat Demam pada Anak
Rebus 15 gram akar pulutan dan tambahkan beberapa tetes minya kemiri. Saring airnya, kemudian diminum selagi hangat.

11. Minyak kemiri menyuburkan rambut
Manfaat minyak kemiri untuk menyuburkan rambut memang tidak dapat dibantah lagi. Caranya, ambil minyak kemiri secukupnya oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan secara lembut dan biarkan selama semalaman. Keesokan harinya bilas dengan shampo, jangan lupa gunakan kondisioner pada ujung rambut. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan rambut yang subur, lebat dan tebal.

12. Mengatasi Rambut rontok
Anda punya masalah dengan kerontokan rambut? Gunakan minyak biji kemiri untuk mengatasinya. Kandungan protein dan mineral yang terdapat dalam buah kemiri mampu menguatkan rambut mulai dari akar hingga ujungnya.

13. Menumbuhkan Rambut
Anda punya masalah dengan kebotakan? Tenang, minyak kemiri bisa membantu Anda mengatasi kebotakan karena mampu merangsang tumbuhnya rambut. Pemakaian minyak kemiri secara teratur dapat mencegha kerontokan dan menumbuhkan kembali rambut yang rontok bahkan lebih kuat dan sehat dari sebelumnya.

14. Menghitamkan Rambut
Rambut hitam berkilau dan sehat merupakan dambaan hampir setiap orang. Namun tidak semua orang beruntung mendapatkannya. Apakah anda termasuk yang beruntung atau tidak? Jika tidak, jangan terlalu pesimis, karena minyak kemiri dapat membantu anda mewujudkannya, syaratnya adalah sabar dan rajin. Minyak kemiri dapat membuat rambut mendapatkan kembali kemilaunya apapun warna rambut tersebut.

15. Menghilangkan Ketombe
Satu lagi masalah rambut yang sangat mengganggu adalah ketombe. Namun, anda bisa menggunakan minyak kemiri untuk mengatasinya. Caranya dengan mengoleskannya pada kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat secara lembut. Minyak kemiri dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran yang menjadi bian gkeladi munculnya ketombe.

16. Merawat Kecantikan Kulit
Bukan hanya minyak zaitun yang berkhasiat menjaga kecantikan kulit tapi juga minyak kemiri. Kandungan antioksidan dalam minyak kemiri dipercaya mampu menjaga keremajaan kulit, menghilangkan keriput dan garis halus serta menangkal radikal bebas yang merugikan.

17. Menyuburkan Alis, Bulu Mata, dll
Seperti yang sudah diketahui, minyak kemiri berkhasiat menyuburkan dan menumbuhkan rambut. Itu berlaku untuk semua jenis rambut yang tumbuh pada tubuh manusia, termasuk alis, bulu mata, cambang, janggut dan kumis. Ambil minya kemiri dan campurkan dengan sedikit getah lidah buaya (berupa lendir dari daging daun lidah buaya) kemudian oleskan pada bagian tubuh yang ingin rambutnya subur, misalkan alis dan bulu mata. Pada pria bisa digunakan untuk melebatkan jenggot dan jambang biar terlihat macho.

Charateristic of ingredients
Pohon, tinggi 25-30 m. Batang tegak, berkayu, permukaan banyak lentisel, percabangan simpodial, cokelat. Daun tunggal, berseling, lonjong, tepi rata, bergelombang, ujung runcing, pangkal tumpul, pertulangan menyirip, permukaan atas licin, bawah halus, panjang 18-25 cm, lebar 7-11 cm, tangkai silindris, hijau. Bunga majemuk, bentuk malai, berkelamin dua, di ujung cabang, putih. Buah bulat telur, beruas-ruas, masih muda hijau setelah tua cokelat, berkeriput. Biji bulat, berkulit keras, beralur, diameter ± 3,5 cm, berdaging, berminyak, putih kecokelatan. Akar tunggang, cokelat. Merupakan tanaman asli Indonesia, terdapat juga di Asia Tenggara, Polinesia, Asia Selatan, dan Brazil.



SOURCE

Anonim. 2017, Asal-Usul Desa Kemiri. http://mitos-cerita-legenda.blogspot.co.id/2017/01/asal-usul-desa-kemiri.html (Online, 20 Maret)

Anonim. 2017, Isi Kandungan Gizi Kemiri. Anonim. 2017, http://mitos-cerita-legenda.blogspot.co.id/2017/01/asal-usul-desa-kemiri.html (Online, 20 Maret)

Anonim. 2017, manfaat  Kemiri. http://manfaatbuahdaun.blogspot.co.id/2014/08/manfaat-kemiri-untuk-kesehatan.html (Online, 20 Maret)

Anonim. 2017, Isi Kandungan Gizi kluwak. http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-kluwak-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.WrUQSRNEm00  (Online, 20 Maret)

Anonim. 2017, 18 Manfaat Kluwak. https://www.khasiat.co.id/biji/kluwek.html  (Online, 20 Maret)

Damaiyanti. 2017, Kandungan dan Manfaat daun salam. https://alamtani.com/kandungan-dan-manfaat-daun-salam/ (Online, 20 Maret)

Seto Wiyonggo. 2017, kaluak Buah Beracun yang Bermanfaat. http://wiyonggoputih.blogspot.co.id/2017/03/kluwek-buah-beracun-yang-bermanfaat.html (Online, 20 Maret).

Tirta Yudist. 2015, Mengenal Sejarah Daun Salam. http://herbalmasyudist.blogspot.co.id/2015/05/mengenal-daun-salam.html (Online, 20 Maret).


Winando Yoga. 2018, 25 Manfaat daun Salam dan Kandungan Daun Salam. https://mediskus.com/nutrisi/kandungan-manfaat-daun-salam (Online, 20 Maret).

SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar